RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SDN
Babatan
IV Surabaya
Kelas / Semester :
I / I ( satu )
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
Pertemuan ke- :
5 (Lima)
I.
Standar Kompotensi :
a)
SBK
:
1. Mengapresiasi
karya seni rupa
b)
Bahasa Indonesia :
Menulis
Menulis permulaan
dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin
II.
Kompotensi Dasar
SBK
1.1 Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda di alam sekitar
Bahasa
Indonesia
4.1
Menjiplak berbagai bentuk gambar,lingkaran dan bentuk huruf
4.2 Menebalkan berbagai
bentuk gamabar, lingkaran dan bentuk huruf
III. Indikator
I. Kognitif
SBK
Menjelaskan cara menggambar bentuk lingkaran
Bahasa
indonesia
Menjelakan cara menjiplak gambar
Menjelaskan cara menebalkan gambar atau huruf
II.
Afektif
SBK
Menunjukkan cara menggambar bentuk dengan rapi
Bahasa
Indonesia
Menunjukkan cara menjiplak gambar dengan rapi
Menunjukkan cara menebalakan gambar dengan penuh nilai
seni
III. Psikomotor
SBK
Mengelompokkan berbagai jenis bintik
Menggambar bentuk melalui sekumpulan
titik-titik
Menggambar bentuk lingkaran, segitiga,
persegi
Bahasa
Indonesia
Menjiplak berbagai bentuk gambar
Menjiplak berbagai bentuk lingkaran
Menjiplak berbagai bentuk huruf
Menebalkan berbagai bentuk gambar
Menebalkan berbagai bentuk lingkaran,
segitiga
Menebalkan berbagai bentuk huruf
IV. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalu
penjelasan guru, siswa dapat menggambar bentuk lingkaran dengan cara yang tepat
2.
Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjiplak gambar dengan rapi
3.
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menebalkan gambar dengan langkah yang sesuai
4.
Dengan
diberikan kertas tipis, siswa dapat menjiplak bentuk gambar bagian tubuh sesuai
dengan contoh yang dibuat guru
5.
Dengan
diberikan kertas tipis, siswa dapat menjiplak lingkaran kecil dan lingkaran
besar sesuai dengan contoh yang diberikan guru.
6.
Dengan
diberikan kertas tipis, siswa dapat menjiplak bentuk huruf a, b, h, m, n, dan o
sesuai dengan contoh yang dibuat guru
7.
Melalui
garis putus-putus,siswa dapat menbalkan bentuk gambar bagian tubuh (hidung,
mata, tangan kaki dan mulut) sesuai dengan contoh yang dibuat guru
8.
Melalui
garis putus-putus, siswa dapat menebalkan bentuk lingkaran kecil dan lingkaran
besar sesuai dengan contoh yang yang dibuat guru
9.
Melalui
garis putus-putus siswa dapat menebalkan bentuk huruf sesuai dengan contoh yang
dibuat guru
V. Materi
pembelajaran
1.
Gambar,
Lingkaran dan bentuk huruf
2.
Huruf
lepas, gambar
3.
Menggambar
bentuk
VI. Metode
pembelajaran
1.
Pendekatan
: Tematik
2.
Model : Pembelajaran langsung
3.
Metode : ceramah, tanya jawab,peragaan
dan penugasan
VII. Kegiatan
Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal (15 menit)
1.
Memberikan
salam pembuka dan mengecek kehadiran siswa
2.
Menyanyikan
lagu “Topi Saya Bundar”
Bertanya tentang
lagu topi siapa yang bundar?
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
inti (100 menit)
1.
Guru
menjelaskan cara menjiplak dsn menebalkan gambar, linkaran dan bentuk huruf
2.
Siswa
diminta menjiplak gambar bagian tubuh, lingkaran,dan bentuk huruf a, b, h, m,
n, dan o dengan menggunakan kertas tipis
3.
Siswa
diminta untuk menebalkan gambar, lingkaran dan bentuk huruf
4.
Siswa
diminta menebalkan gambar lingkaran kecil dan lingkaran besar
5.
Siswa
dibagikan LKS berupa gambar putus-putus dan huruf untuk ditebalkan lalu
dijiplak
6.
Guru
membimbing siswa selama mengerjakan LKS
7.
Guru
membimbing siswa agar mengerjakan LKS dalam susana tenang
8.
Siswa
mengumpulkan LKS
C.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
1.
Guru
dan siswa menyimpulkan materi
2.
Siswa
diminta mengerjakan LP 1 berupa gambar,dan huruf untuk ditebalkan dan dijiplak
3.
Siswa
diminta untuk berlatih menjiplak dan menebalkan gambar
VIII.
Alat dan Sumber belajar
1.
Alat
·
Gambar
bagian tubuh, bentuk huruf dan lambang bilangan
·
LKS
dan kuncinya
·
LP
dan kuncinya
·
Kertas
tipis
2.
Sumber
belajar
·
Buku
Bina Bahasa Indonesia Untuk Kelas 1 SD
·
Buku
Seni Budaya dan Keterampilan untuk kelas 1 SD
IX.
Penilaian
1.
Proses
Penilaian sikap dan beberapa aspek berupa keaktifan dan
keberanian siswa selama proses pembelajaran
2.
Hasil
·
Hasil
karya siswa berupa LKS menebalkan dan menjiplak gambar dan bentuk huruf
·
Instrumen
tes