twitter
rss

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
                                                            (RPP)

Nama Sekolah                : SD Kristen Agape
Kelas/semester              : 2/I
Tema                              : Kesehatan
Alokasi Waktu                : 3 x 30 menit
Pertemuan ke-               : 1 (Pertama)


I.            Standar Kompetensi :
                   PKN                            
1.      Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
             Bahasa Indonesia
            (Menulis)
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

II.            Kompetensi Dasar      :
                               PKn                            
            1. Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
                                Bahasa Indonesia
                  (Menulis)
             2.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan dengan memperhatikan ejaan

III.            Indikator  
                   PKN
1.      Kognitif
a.      Proses
1.      Menyebutkan cara mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda
2.      Mendiskusikan cara mengamalkan satu Nusa
3.      Mendiskusikan cara mengamalkan satu Bangsa
4.      Mendiskusikan cara mengamalkan satu bahasa
b.      Produk
1.      Menerapkan  cara  menjaga  keutuhan bangsa
2.      Menerapkan rasa bangga menjadi warga negara Indonesia
3.      Menggunakan Bahasa Indonesia dalam komunikasi dengan orang lain
4.      Menggunakan huruf kapital dalam penulisan pada awal kalimat


2.      Afektif
a.      Mengembangkan prilaku berkarakter, meliputi: Jujur, peduli, tenggang rasa, tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat teman
b.      Mengembangkan Keterampilan sosial yang meliputi: Bertanya, menyumbang ide tau berpendapat, mendengar dengan baik, komunikasi dengan sopan
3.      Psikomotor
a.      Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam bekomunikasi bersama teman
             
          Bahasa Indonesia
1.      Kognitif
a.      Proses
1.      Mendeskripsikan penggunaan huruf kapital
2.      Mendeskripsikan penulisan tanda titik
b.      Produk
1.      Menggunakan huruf kapital yang tepat dalam kalimat
2.      Menggunakan tanda titik yang tepat dalam kalimat
2.      Afektif
a.      Mengembangkan prilaku berkarakter, meliputi: Jujur, peduli, tenggang rasa, tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat teman
b.      Mengembangkan Keterampilan sosial yang meliputi: Bertanya, menyumbang ide tau berpendapat, mendengar dengan baik, komunikasi dengan sopan
3.      Psikomotor
1)      Menyusun paragraf  berdasarkan cara penerapan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari

IV.            Tujuan Pembelajaran:
1.      Kognitif
a.      Proses
1.      Dengan diberikan gambar persatuan antara suku bangsa di Indonesia, siswa dapat menyeutkan cara mengamalkan nilai sumpah pemuda dengan bahasa yang santun
2.      Siswa dapat berdiskusi dengan temannya tentang satu nusa atau pulau dengan sambil melihat gambar berbeda-beda tapi tetap satu dengan kalimat yang sopan.
3.      Dengan diberikan gambar berbeda-beda tapi satu, siswa dapat berdiskusi bersama teman bagaimana cara mengamalkan nilai satu bangsa dengan benar.
4.      Dengan diberikan gambar berbeda-beda tapi satu, siswa dapat berdiskusi bersama teman bagaimana cara mengamalkan nilai satu bahasa dengan benar.
5.      Dengan mengamati contoh penggunaan huruf kapital oleh guru, siswa dapat mengetahui penggunaan huruf kapital dengan benar
6.      Dengan diberikan contoh penulisan tanda titik, siswa dapat menulis tanda titik sesuai denga kegunaannya dengan benar
b.      Produk
1.      Dengan meminta salah satu siswa yang memakai seragam nasional, siswa dapat menerapkan cara menjaga keutuhan bangsa dengan sikap peduli.
2.      Dengan mengenakan batik, siswa dapat menerapkan rasa bangga sebagai warga negara indonesia dengan penuh tanggung jawab.
3.      Dengan berdiskusi besama teman siswa dapat menggunakan bahasa indonesia dalam berkomunikasi dengan baik dan benar
4.      Dengan mengamati gambar siswa dapat menyusun paragraf dengan menggunakan huruf kapital yang tepat dalam kalimat
5.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyusun paragraf dengan penulisan tanda titik yang tepat dalam kalimat.
2.      Afektif
a.      Dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa dinilai  membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
b.      Dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa dapat dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.
3.      Psikomotor
1.      Dengan disediakan gambar contoh pengamalan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyusun paragraf dari contoh gambar pengamalan sumpah pemuda yang di amati tersebut dengan kalimat yang baik dan benar.

V.            Materi Pembelajaran :
1.      Menerapkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
2.      Menyusun Paragraf

VI.            Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran:
1.      Model Pembelajaran                        : Pembelajaran Langsung
2.      Metode Pembelajaran         : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan
 Penugasan
3.      Pendekatan Pembelajaran   : Tematik


VII.            Langkah-langkah Pembelajaran:
1.      Kegiatan Awal
1)      Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
2)      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran
3)      Memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa.
1.      Asa?
2.      Guru menanya asal dari beberapa siswa di dalam kelas, jika ada yang beda asal coba berkomunikasi menggunakan bahasa daerahnya masing-masing.
3.      Apakah kalian ada yang mengerti apa yang dibicarakan?
4.      Mengapa tidak mengerti?
5.      Agar bisa mengerti bahasa apakah yang kalian gunakan?
6.      Coba kalian bekomunikasi menggunakan bahasa indonesia
4)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan materi ajar tentang “Menerapkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari”
2.      Guru bertanya jawab bersama siswa tentang arti satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama apa yang dimaksudkan dengan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa dengan sikap yang jujur, sopan peduli dan bertanggung jawab
4.      Siswa diminta menyebutkan contoh-contoh pengamalan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari dengan kalimat yang sederhana dan siswa yang lainnya mendengarkan dan menghargai jawaban teman yang walaupun belum betul.
5.      Guru memajangkan gambar berbeda-beda tapi satu, siswa diminta mengamati gambar dan mengomentari gambar yang dipajangkan dan menhubungkan dengan isi sumpah pemuda dengan sikap terbuka dan tanggung jawab
6.      Guru Tanya jawab bersama siswa mengenai gambar yang dipajangkan.
7.      Salah satu siswa yang memakai seragam nasional diminta ke depan kelas dan guru bertanya kepada siswa mengapa memakai seragam nasional? Apa arti seragam nasional tersebut.
8.      Guru bertanya kepada siswa pada hari apa saja kalian memakai batik? Mengapa kalian memakai batik?
9.      Guru meminta siswa menyebutkan contoh-cobtoh lain sebagai bentuk pengamalan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
10.  Guru menjelakan tentang pentingnya bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
11.  Guru menjelaskan materi tentang penggunaan huruf kapital dan tanda titik dalam menyusun paragraf
12.  Siswa diminta mengamati gambar  contoh pengamalan sumpah pemuda dan meminta siswa menyusun paragraf dari gambar contoh-contoh pengamalan sumpah pemuda dari gambar tersebut dengan bahasa yang baik dan benar.
13.  Siswa dibagikan LKS mengelompokkan gambar  penerapan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah dan menyusun paragraf berdasarkan gambar terbut dengan kalimat yang baik dan benar.
14.  Siswa mengumpulkan LKS , kemudian guru dan siswa membahas LKS bersama siswa.
3.      Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi
2.      Guru memberikan pesan moral agar anak-anak harus mengamalkan dan menerapkan nilai-nilaisumpah pemudah dalam kehidupan sehari-hari
3.      Siswa diminta mengerjakan lembar penilaian yaitu menjawab pertanyaan tentang penerapan nilai sumpah pemudah dalam kehiduapn sehari-hari dan menyusun paragraf
4.      Memberikan tugas rumah coba kamu mencari dan bertanya ke orang tua kalian contoh-contoh lain yang berkaitan dengan penerapan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.

VIII.            Alat dan sumber pembelajaran
1.      Alat dan Bahan
·         Model/ gambar penerapan nilai sumpah pemuda
·         Kertas duplek
·         Bingkai dan klip
·         Lem
·         Gunting
·         Spidol
2.      Sumber Pembelajaran
·         LKS dan Kuncinya
·         LP dan Kuncinya
·         Bkg for education. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan SD Untuk Kelas 3. Jakarta: Erlangga
·         Sumiati,A.Bestari,P. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Warga Negara yang baik. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
·         Nirbaya, R. Darmadi, K. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
  IX.            Penilaian
a.      Penilaia Proses
Mengamati kegiatan siswa selama proses pembelajaran
                                         Format penilaian proses
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Skor
Ketepatan
keberanian
ketelitian
Tanggung jawab
1







2







3







4







5







Keterangan:
N.A =
Penskoran :          4 =baik sekali
                             3 = baik
                             2 = cukup
                             1 = kurang

RUBRIK PENSKORAN
Aspek yang di amati
Deskripsi
Skor


Keberanian
Siswa berani tampil sukarela
4
Siswa berani tampil setelah ditunjuk guru
3
Siswa berani tampil setelah ditunjuk dan didampingi guru
2
Siswa tidak berani tampil meskipun dipaksa oleh guru
1


Tanggung jawab
Siswa mengerjakan tugas dengan penuh semangat
4
Siswa mengerjakan tugas dengan setengah-setengah
3
Siswa mengerjakan tugas denga paksaan guru
2
Siswa tidak mengerjakan tugas
1


Volume suara
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara yang lantang sehingga dapat di dengar oleh seluruh siswa
4
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara yang dapat didengar oleh sebagian siswa
3
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara yang dapat didengar oleh sebagian kecil siswa
2
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara yang dapat didengar oleh dirinya sendiri dan siswa di dekatnya
1
Ketepatan Informasi
Siswa mengerjakan LKS secara lengkap tanpa kesulitan
4
Siswa mengerjakan LKS dengan sedikit bantuan guru
3
Siswa mengerjakan LKS dengan bantuan guru
2
Siswa tidak dapat mengerjakan LKS
1

b.      Penilaian Hasil
·         Hasil Karia siswa berupa LKS dan lembar penilaian sebagai betuk tes tertulis
Lembar Penilaian Hasil
No
Nama Siswa
Nilai Soal
Nilai
Akhir
Rata-rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10


1













2













3













Keterangan
N.A =
Penskoran :          4 =baik sekali
                             3 = baik
                             2 = cukup
                             1 = kurang


                                                         Surabaya, 2 Agustus 2010
                                                       Peserta PPG SD Prajabatan



                                                                  Emanuel Bate









Daftar Pustaka

BSNP. 2006. Standar Isi 2006 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta
BSNP. 2006. Standar Isi 2006 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta
BSNP. 2008. Model Silabus Tematik Kelas II1. Jakarta
Bkg for education. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan SD Untuk Kelas 3. Jakarta: Erlangga
Nirbaya, R. Darmadi, K. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Sumiati,A.Bestari,P. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Warga Negara yang baik. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2007. Model Pembelajran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana.



0 comments:

Post a Comment