Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SD Kristen Agape
Kelas/semester : 2/I
Tema : Kesehatan
Alokasi Waktu : 3 x 30 menit
Pertemuan ke- : 1 (Pertama)
I.
Standar
Kompetensi :
PKN
1.
Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
Bahasa Indonesia
(Menulis)
4.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
II.
Kompetensi Dasar :
PKn
1. Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda
dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
(Menulis)
2.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan dengan
memperhatikan ejaan
III.
Indikator
PKN
1.
Kognitif
a.
Proses
1.
Menyebutkan
cara mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda
2.
Mendiskusikan
cara mengamalkan satu Nusa
3.
Mendiskusikan
cara mengamalkan satu Bangsa
4.
Mendiskusikan
cara mengamalkan satu bahasa
b.
Produk
1.
Menerapkan cara
menjaga keutuhan bangsa
2.
Menerapkan
rasa bangga menjadi warga negara Indonesia
3.
Menggunakan
Bahasa Indonesia dalam komunikasi dengan orang lain
4.
Menggunakan
huruf kapital dalam penulisan pada awal kalimat
2.
Afektif
a.
Mengembangkan
prilaku berkarakter, meliputi: Jujur,
peduli, tenggang rasa, tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat teman
b.
Mengembangkan
Keterampilan sosial yang meliputi: Bertanya,
menyumbang ide tau berpendapat, mendengar dengan baik, komunikasi dengan sopan
3.
Psikomotor
a.
Menggunakan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam bekomunikasi bersama teman
Bahasa Indonesia
1.
Kognitif
a.
Proses
1.
Mendeskripsikan
penggunaan huruf kapital
2.
Mendeskripsikan
penulisan tanda titik
b.
Produk
1.
Menggunakan
huruf kapital yang tepat dalam kalimat
2.
Menggunakan
tanda titik yang tepat dalam kalimat
2.
Afektif
a.
Mengembangkan
prilaku berkarakter, meliputi: Jujur,
peduli, tenggang rasa, tanggung jawab, terbuka dan mendengarkan pendapat teman
b.
Mengembangkan
Keterampilan sosial yang meliputi: Bertanya,
menyumbang ide tau berpendapat, mendengar dengan baik, komunikasi dengan sopan
3.
Psikomotor
1)
Menyusun
paragraf berdasarkan cara penerapan
nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
IV.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Kognitif
a.
Proses
1.
Dengan
diberikan gambar persatuan antara suku bangsa di Indonesia, siswa dapat
menyeutkan cara mengamalkan nilai sumpah pemuda dengan bahasa yang santun
2.
Siswa
dapat berdiskusi dengan temannya tentang satu nusa atau pulau dengan sambil
melihat gambar berbeda-beda tapi tetap satu dengan kalimat yang sopan.
3.
Dengan
diberikan gambar berbeda-beda tapi satu, siswa dapat berdiskusi bersama teman
bagaimana cara mengamalkan nilai satu bangsa dengan benar.
4.
Dengan
diberikan gambar berbeda-beda tapi satu, siswa dapat berdiskusi bersama teman
bagaimana cara mengamalkan nilai satu bahasa dengan benar.
5.
Dengan
mengamati contoh penggunaan huruf kapital oleh guru, siswa dapat mengetahui
penggunaan huruf kapital dengan benar
6.
Dengan
diberikan contoh penulisan tanda titik, siswa dapat menulis tanda titik sesuai
denga kegunaannya dengan benar
b.
Produk
1.
Dengan
meminta salah satu siswa yang memakai seragam nasional, siswa dapat menerapkan
cara menjaga keutuhan bangsa dengan sikap peduli.
2.
Dengan
mengenakan batik, siswa dapat menerapkan rasa bangga sebagai warga negara
indonesia dengan penuh tanggung jawab.
3.
Dengan
berdiskusi besama teman siswa dapat menggunakan bahasa indonesia dalam
berkomunikasi dengan baik dan benar
4.
Dengan
mengamati gambar siswa dapat menyusun paragraf dengan menggunakan huruf kapital
yang tepat dalam kalimat
5.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menyusun paragraf dengan penulisan tanda titik
yang tepat dalam kalimat.
2.
Afektif
a.
Dengan
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama,
terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
b.
Dengan
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa dapat dinilai membuat
kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang
baik, komunikasi.
3.
Psikomotor
1.
Dengan
disediakan gambar contoh pengamalan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari,
siswa dapat menyusun paragraf dari contoh gambar pengamalan sumpah pemuda yang
di amati tersebut dengan kalimat yang baik dan benar.
V.
Materi
Pembelajaran :
1.
Menerapkan
nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menyusun
Paragraf
VI.
Model,
Metode, dan Pendekatan Pembelajaran:
1.
Model
Pembelajaran :
Pembelajaran Langsung
2.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi,
Tanya Jawab dan
Penugasan
3.
Pendekatan
Pembelajaran : Tematik
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
1.
Kegiatan
Awal
1)
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
2)
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran
3)
Memberikan
motivasi dengan menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa.
1.
Asa?
2.
Guru
menanya asal dari beberapa siswa di dalam kelas, jika ada yang beda asal coba
berkomunikasi menggunakan bahasa daerahnya masing-masing.
3.
Apakah
kalian ada yang mengerti apa yang dibicarakan?
4.
Mengapa
tidak mengerti?
5.
Agar
bisa mengerti bahasa apakah yang kalian gunakan?
6.
Coba
kalian bekomunikasi menggunakan bahasa indonesia
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti
1.
Guru
menjelaskan materi ajar tentang “Menerapkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari-hari”
2.
Guru
bertanya jawab bersama siswa tentang arti satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa
3.
Siswa
diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama apa yang dimaksudkan dengan satu
nusa, satu bangsa dan satu bahasa dengan sikap yang jujur, sopan peduli dan
bertanggung jawab
4.
Siswa
diminta menyebutkan contoh-contoh pengamalan sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari-hari dengan kalimat yang sederhana dan siswa yang lainnya mendengarkan
dan menghargai jawaban teman yang walaupun belum betul.
5.
Guru
memajangkan gambar berbeda-beda tapi satu, siswa diminta mengamati gambar dan
mengomentari gambar yang dipajangkan dan menhubungkan dengan isi sumpah pemuda
dengan sikap terbuka dan tanggung jawab
6.
Guru
Tanya jawab bersama siswa mengenai gambar yang dipajangkan.
7.
Salah
satu siswa yang memakai seragam nasional diminta ke depan kelas dan guru
bertanya kepada siswa mengapa memakai seragam nasional? Apa arti seragam
nasional tersebut.
8.
Guru
bertanya kepada siswa pada hari apa saja kalian memakai batik? Mengapa kalian
memakai batik?
9.
Guru
meminta siswa menyebutkan contoh-cobtoh lain sebagai bentuk pengamalan sumpah
pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
10.
Guru
menjelakan tentang pentingnya bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
11.
Guru
menjelaskan materi tentang penggunaan huruf kapital dan tanda titik dalam menyusun
paragraf
12.
Siswa
diminta mengamati gambar contoh
pengamalan sumpah pemuda dan meminta siswa menyusun paragraf dari gambar
contoh-contoh pengamalan sumpah pemuda dari gambar tersebut dengan bahasa yang
baik dan benar.
13.
Siswa
dibagikan LKS mengelompokkan gambar
penerapan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah
maupun di sekolah dan menyusun paragraf berdasarkan gambar terbut dengan
kalimat yang baik dan benar.
14.
Siswa
mengumpulkan LKS , kemudian guru dan siswa membahas LKS bersama siswa.
3.
Kegiatan
Akhir
1.
Guru
dan siswa menyimpulkan materi
2.
Guru
memberikan pesan moral agar anak-anak harus mengamalkan dan menerapkan
nilai-nilaisumpah pemudah dalam kehidupan sehari-hari
3.
Siswa
diminta mengerjakan lembar penilaian yaitu menjawab pertanyaan tentang
penerapan nilai sumpah pemudah dalam kehiduapn sehari-hari dan menyusun
paragraf
4.
Memberikan
tugas rumah coba kamu mencari dan bertanya ke orang tua kalian contoh-contoh
lain yang berkaitan dengan penerapan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
VIII.
Alat dan
sumber pembelajaran
1.
Alat
dan Bahan
·
Model/
gambar penerapan nilai sumpah pemuda
·
Kertas
duplek
·
Bingkai
dan klip
·
Lem
·
Gunting
·
Spidol
2.
Sumber
Pembelajaran
·
LKS
dan Kuncinya
·
LP
dan Kuncinya
·
Bkg
for education. 2006. Pendidikan
Kewarganegaraan SD Untuk Kelas 3. Jakarta: Erlangga
·
Sumiati,A.Bestari,P.
2008. Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi
Warga Negara yang baik. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
·
Nirbaya,
R. Darmadi, K. 2008. Bahasa Indonesia
Untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
IX.
Penilaian
a.
Penilaia
Proses
Mengamati kegiatan siswa selama proses pembelajaran
Format
penilaian proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
Skor
|
|||
Ketepatan
|
keberanian
|
ketelitian
|
Tanggung jawab
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
N.A =
Penskoran : 4 =baik sekali
3 = baik
2 = cukup
1 =
kurang
RUBRIK PENSKORAN
Aspek yang di amati
|
Deskripsi
|
Skor
|
Keberanian
|
Siswa berani
tampil sukarela
|
4
|
Siswa berani
tampil setelah ditunjuk guru
|
3
|
|
Siswa berani
tampil setelah ditunjuk dan didampingi guru
|
2
|
|
Siswa tidak
berani tampil meskipun dipaksa
oleh guru
|
1
|
|
Tanggung jawab
|
Siswa mengerjakan tugas dengan penuh semangat
|
4
|
Siswa mengerjakan tugas dengan
setengah-setengah
|
3
|
|
Siswa mengerjakan tugas denga paksaan guru
|
2
|
|
Siswa tidak mengerjakan tugas
|
1
|
|
Volume suara
|
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara
yang lantang sehingga dapat di dengar oleh seluruh siswa
|
4
|
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara
yang dapat didengar oleh sebagian siswa
|
3
|
|
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara
yang dapat didengar oleh sebagian kecil siswa
|
2
|
|
Siswa menjawab pertanyaan dengan suara
yang dapat didengar oleh dirinya sendiri dan siswa di dekatnya
|
1
|
|
Ketepatan Informasi
|
Siswa mengerjakan LKS secara lengkap
tanpa kesulitan
|
4
|
Siswa mengerjakan LKS dengan sedikit
bantuan guru
|
3
|
|
Siswa mengerjakan LKS dengan bantuan guru
|
2
|
|
Siswa tidak dapat mengerjakan LKS
|
1
|
b.
Penilaian
Hasil
·
Hasil
Karia siswa berupa LKS dan lembar penilaian sebagai betuk tes tertulis
Lembar Penilaian Hasil
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Soal
|
Nilai
Akhir
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
N.A =
Penskoran : 4 =baik sekali
3 = baik
2 = cukup
1 =
kurang
Surabaya,
2 Agustus 2010
Peserta
PPG SD Prajabatan
Emanuel Bate
Daftar Pustaka
BSNP. 2006. Standar
Isi 2006 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta
BSNP. 2006. Standar
Isi 2006 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta
BSNP. 2008. Model Silabus Tematik
Kelas II1. Jakarta
Bkg for education. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan SD Untuk Kelas 3. Jakarta: Erlangga
Nirbaya, R. Darmadi, K. 2008. Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat
Perbukuan Depdiknas.
Sumiati,A.Bestari,P. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Warga Negara yang baik. Jakarta:
Pusat Perbukuan Depdiknas.
Trianto. 2009. Mendesain
Model pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2007.
Model Pembelajran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana.
11 January 2017 at 19:12
makasih suhu, btw kalo mau donload lengkap kelas s/d kelas diman a, tlg inpo atau sms ke