Sunday, 16 June 2013

RPP PPG MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 SD



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN Babatan IV/459 Surabaya
Mata Pelajaran             : IPA
Kelas / Semester          : IV/ 1
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit.


A.    Standar Kompetensi
Benda dan Sifatnya
Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyususnnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.

B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya misalnya benang, kain dan kertas.

C.    Indikator
1.      Kognitif
a.      Produk
1.      Menyebutkan jenis-jenis benda yang ada di sekitar misalnya serat(kapas), kain, kertas dan benang
2.      Mendeskripsikan bahan penyusun serat (kapas)
3.      Mendeskripsikan bahan penyusun benang
4.      Mendeskripsikan bahan penyusun kertas
5.      Mendeskripsikan bahan penyusun kain
6.      Mendeskripsikan sifat dari serat (kapas)
7.      Mendeskripsikan sifat dari benang
8.      Mendeskripsikan sifat dari kertas
9.      Mendeskripsikan sifat dari kain
b.      Proses
1.      Mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun  serat (kapas)
2.      Mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun  benang
3.      Mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun kertas
4.      Mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun kain


2.      Afektif
a.       Karakter
Mengembangkan prilaku berkarakter,meliputi : jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan mendengarkan pendapat teman
b.      Keterampilan Sosial
Mengembangkan keterampilan sosial meliputi : bertanya, menyumbang idea tau berpendapat, menjadi pendengar yang baik,komunikasi.
3.      Psikomotor
1.      Membuat tabel pengelompokkan benda dan sifatnya serta bahan penyususnya

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
a.       Produk
1.      Dengan mengamati benda yang ada sisekiatarnya, siswa dapat menyebutkan jenis benda yang ada di sekitar minimal 3
2.      Dengan disediakan serat(kapas), siswa dapat mendeskripsikan bahan penyusun serat dengan benar.
3.      Dengan disediakan benang, siswa dapat mendeskripsikan bahan penyusun benang dengan benar.
4.      Dengan disediakan kertas, siswa dapat mendeskripsikan bahan penyusun kertas dengan benar
5.      Dengan disediakan potongan kain, siswa dapat mendeskripsikan bahan penyusun kain dengan benar.
6.      Dengan diseiakan serat(kapas), siswa dapat mendeskripsikan sifat dari kapas dengan benar.
7.      Dengan disediakan benang, siswa dapat mendeskripsikan sifat dari benang dengan benar
8.      Dengan disediakan kertas, siswa dapat mendeskripsikan sifat dari kertas dengan benar
9.      Dengan disediakan potongan kain, siswa dapat mendeskripsikan sifat dari kain dengan benar
b.      Proses
1.      Dengan mengamati kapas(serat), siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun kapas (serat) dengan benar.
2.      Dengan mengamati benang, siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun benang dengan benar.
3.      Dengan mengamati kertas, siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun kertas dengan benar.
4.      Dengan mengamati kain, siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara sifat dan bahan penyusun kain dengan benar.
2.      Afektif
a.       Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka, dan mendengarkan pendapat teman
b.      Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang idea tau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.
3.      Psikomotor
1.      Dengan disediakan contoh benda seperti serat(kapas),benang, kertas dan kain, siswa dapat membuat tabel pengelompokkan benda,sifatnya dan bahan penyusunnya serta hubungan antar sifat dan bahan penyusunnya

E.     Materi Ajar
Benda dan sifatnya

F.     Metode dan model Pembelajaran
a.       Metode Pembelajaran : Metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan
b.      Model Pembelajaran   : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD

G.    Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan (waktu)
Fase
Kegiatan guru
Keterlaksanaan
Ya
Tidak
Pendahuluan
 (10 menit)
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1)      Salam pembuka & presensi
2)      Apersepsi dan motivasi
3)      Guru memberikan motivasi berupa pertanyaan:
4)      Coba kalian lihat benda apa saja yang ada disekitar kalian?
5)      Coba kalian memegang kertas kalian masing-masing, tersusun dari bahan apa saja?, apa sifat-sifat dari kertas yang kalian pegang
6)      Benda apa lagi selain kertas?, coba kalian pegang baju kalian?, terbuat daria apakah baju kalian?
7)      Tahukah kalian sifat dari benda-benda yang kalian sebut?
8)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
9)      Guru dan Siswa melakukan transaksional (kesepakatan tentang tata tertib selama kegiatan KBM)


Inti
(60 menit)
Menyajikan Informasi
10)  Guru memaparkan materi ajar yaitu “Benda dan sifatnya”
11)  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa : apakah kalaian pernah meliahat kapas, benang, kertas dan kain di sekolah atau di rumah kalian? Tahukah kalian apa bahan penyusun benang, kapas, kertas dan kain? Sifat-sifat apa sajayang dimiliki oleh benda-benda seperti kertas, kapas, benang dan kain tersebut?
12)  Guru menjelaskan bahan penyusun dan sifat dari serat (kapas), benang, kertas dan kain
13)  Siswa diminta mendeskripsikan sifat dan bahan penyusun serat, benang, kertas dan kain.
14)  Siswa dibagikan media berupa kapas, benang, kertas dan kain masing-masing mendapat satu benda, kemudian siswa diminta mendeskripsikan sifat dan bahan penyusun dari benda-benda yang mereka pegang tersebut.
15)   Guru memajangkan media gambar serat (kapas), benang, kertas dan kain, kemudian siswa diminta menjelaskan sifat dari gambar kapas, benang, kertas dan kain.


Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar
16)  Guru menyediakan kertas berwarna (merah,kuning,hijau,biru)
17)  Guru meminta Siswa untuk mengambil potongan kertas berwarna 1 siswa mengambil 1 potong kertas sesuai dengan warna yang mereka sukai
18)  Guru mengorganisasikan Siswa ke dalam kelompok dengan meminta Setiap Siswa untuk berkumpul sesuai dengan warna yang mereka ambil setiap kelompok terdiri dari 4-5org.


Membimbimg kelompok bekerja dan belajar
19)  Membimbing siswa dalam kelompok yang mengalami kesulitan saat mengerjakan LKS.
20)  Siswa mengerjakan LKS yang sudah dibagikan.


Evaluasi
21)  Membimbing presentasi:
22)  Membimbing kelompok dalam presentasi hasil kerja
23)  Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi dari kelompok penyaji.
24)  Memberikan evaluasi.


Penutup
(10 menit)
Memberikan Penghargaan
25)  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya baik misalnya dalam bentuk pujian




H.    Media dan sumber belajar
1.   Media: kertas, kapas, benang dan ptongan kain
2.   Sumber belajar:
Rositawaty, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5: untuk Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan DEPDIKNAS

I.       Penilaian
1.      Penilaian hasil : Tes tertulis butir soal
2.      Penilaian proses

Format Penilaian Proses
No
Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Jml skor
Ket
Keaktifan
Keberanian
Kerja sama
Ketepatan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































































Keterangan:
Rubrik Penilaian :
Keaktifan:
   Skor 4 jika semua anggota kelompok ikut aktif
   Skor 3  Jika hanya 3 anggota dalam kelompok yang aktif.
   Skor 2  jika hanya 2 anggota dalam kelompok yang aktif.
   Skor 1 jika hanya 1 anggota dalam kelompok yang aktif.
Kerja sama :
Skor 4 jika semua siswa dapat bekerja sama dalam kelompok
Skor 3 jika hanya 3 orang siswa yang bekerja sama dalam kelompok
   Skor 2  jika hanya 2 orang siswa yang bekerja sama dalam kelompok
   Skor 1 jika hanya 1 siswa yang bekerja dalam kelompok
Keberanian :
Skor 4 jika semua anggota kelompok berani untuk tampil dan berusaha menjawab pertanyaan
Skor 3 jika hanya 3 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha menjawab pertanyaan
Skor 2  jika hanya 2 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha menjawab pertanyaan
Skor 1 jika hanya 1 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha menjawab pertanyaan
Ketepatan :
Skor 4 jika semua jawaban dari kelompok tersebut benar
Skor 3  jika hanya 75% jawaban dari kelompok benar
Skor 2  jika hanya 50 % jawaban dari kelompok benar
Skor 1 jika hanya 25 % jawaban dari kelompok



0 comments:

Post a Comment

 
Template designed using TrixTG